Jumat, 28 Januari 2011

BIOGAS

Kita akan ngebahas tentang biogas nih, yaitu energi alternatif yang ngebantu masak dan ngegantiin posisi gas alam, yang persediaannya menipis, biogas udah lumayan terkenal sih,untuk pengetahuan tambahan kamuu, check this out! : )
Biogas adalah energi terbaru lain yang bisa dihasilkan dengan teknologi tepat guna yang relatif lebih sederhana dan sesuai untuk daerah pedesaan. Energi biogas dengan memproses limbah bio atau bio massa di dalam alat kedap udara yang disebut digester. Biomassa berupa limbah dapat berupa kotoran ternak bahkan tinja manusia, sisa-sisa panenan seperti jerami, sekam dan daun-daunan sortiran sayur dan sebagainya. Tapii, sebagian besar terdiri atas kotoran ternak.
Teknologi biogas
grafik biogas
Gas methan terbentuk karena proses fermentasi secara anaerobik (tanpa udara) oleh bakteri methan atau disebut juga bakteri anaerobik dan bakteri biogas yang mengurangi sampah-sampah yang banyak mengandung bahan organik (biomassa) sehingga terbentuk gas methan (CH4) yang kalo dibakar bisa menghasilkan energi panas. Sebetulnya di tempat-tempat tertentu proses ini terjadi secara alamiah sebagaimana peristiwa ledakan gas yang terbentuk di bawah tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Leuwigajah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Gas methan sama dengan gas elpiji (liquidified petroleum gas/LPG), perbedaannya adalah gas methan mempunyai satu atom C, sedangkan elpiji lebih banyak.
Jadi kesimpulannya biogas lebih sip deh tapi sayangnya masih langka penggunaannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar